Ukuran-ukuran Karpet Lapangan

Beberapa macam olahraga khusus memerlukan fasilitas lapangan untuk berlangsungnya kegiatan olahraga seperti basket, badminton, tenis, serta futsal. Lapangan olahraga sendiri adalah bentuk pelataran atau ruangan terbuka non hijau yang punya detail khusus untuk memberi dukungan jalannya olahraga. Satu diantara usaha untuk tingkatkan kualitas lapangan yaitu dengan pengoptimalan lantai olahraga memakai karpet lapangan.

ukuran-ukuran karpet lapangan

Di Baca Juga : Matras Puzzle Juga Ada Kualitas Loh, Gak Semuanya Tahan Lama

Berikut Jenis-Jenis Matras Bela Diri

Macam Macam Cabang Olahraga Senam

Jual Karpet Lapangan

Karpet Lapangan Vinyl

Karpet untuk lapangan olahraga sejatinya tidak sama dengan karpet pada umumnya. Diberi nama “karpet” karena jenis lantai ini memiliki ketebalan yang tinggi menyerupai karpet. Jika dilihat terkstur dan sifatnya tentu jauh berbeda. Beberapa jenis karpet yang dipakai untuk lapangan olahraga biasanya terbuat dari bahan sintesis, PVC, PP maupun PE, silikon dan ada juga yang menggunakan lembaran kayu.

  1. Karpet Futsal (Futsal Flooring)

Futsal merupakan jenis olahraga sepakbola mini yang dapat dilakukan di lapangan indoor maupun outdour. Untuk jenis yang indoor biasanya lebih banyak menggunakan jenis karpet dengan bahan dasar yang lebih empuk untuk mengurangi cidera atau luka ketika terjatuh. Berbagai jenis karpet futsal yang kerap dipakai yaitu jenis vinyl, plastik (interlock) dan rumput sintetis.

Karpet lapangan ini dijual dalam bentuk roll atau gulungan, kecuali jenis interlock yang berupa puzzle atau keramik sehingga bisa dibongkar pasang. Dalam satu lapangan futsal standar (18m x 38m) diperlukan sekitar 20 roll ukuran (1,8m x 19m).

  1. Karpet Tenis (Tennis Flooring)

Dalam penyelenggaraan tenis lapangan, jenis lantai yang dipakai harus mampu membuat bola memantul dengan sempurna serta mengurangi resiko cedera pemain ketika terjatuh. Selain itu, lantai juga harus kesat dan enak ketika dipakai berpijak dan berlari terutama dalam cabang tenis meja. Untuk itulah banyak digunakan jenis karpet yang berbahan dasar silikon, PVC, PP, dan taraflex.

Ukuran lapangan tenis beserta garis luarnya sekitar (31,2m x 14,4m). Sedangkan untuk daerah permainannya saja berukuran (24m x 10,8m). Jadi jika Anda membeli karpet gulungan maka perlu tiga varian ukuran untuk daerah permainan (biasanya biru) sebanyak 6 roll ukuran (24m x 1,8m) dan daerah luar lapangan (biasanya hijau) masing-masing 2 roll dengan ukuran (24m x 1,8m) dan (14,4m x 1,8m).

  1. Karpet Badminton (Badminton Flooring)

Sama halnya dengan tenis, lapangan untuk badminton juga harus bisa menyerap kejutan agar menjaga keselamatan pemain. Selain itu lantai juga tidak boleh licin dan nyaman ketika dipakai melompat dan berlari. Adapun jenis karpet yang biasa digunakan untuk badminton yakni taraflex dan PVC. Karpet taraflex menjadi pilihan yang sering digunakan untuk badminton. Biasanya dengan motif solid atau kayu.

Ukuran untuk lapangan badminton secara keseluruhan yakni sebesar (15m x 7,2m). Untuk itu jumlah roll yang dibutuhkan sebanyak 4 roll karpet berukuran (15m x1,8m). Sedangkan untuk karpet kompetisi biasanya beda lagi. Jenis karpetnya memiliki tekstur permukaan seperti pasir pantai dengan ketebalan 4mm. Jadi untuk luas lapangan sebesar (16m x 1,8m) dibutuhkan 3 roll dengan ukuran (16m x 2,7m).

  1. Karpet Basket

Lantai basket biasanya menggunakan bahan parquette. Karpet ini terbuat dari lapisan kayu dengan permukaan yang sangat kesat sehingga memudahkan untuk berlari. Tekstur parquette yang padat juga mampu membuat bola memantul dengan sempurna. Akan tetapi lapisan parquette butuh perawatan yang ekstra karena mudah sekali bergelombang jika terkena air atau cuaca yang lembab. Jadi karpet ini lebih banyak digunakan di ruang indoor.

Untuk lapangan outdoor biasanya lebih banyak digunakan jenis vinyl dengan lapisan yang tahan panas dan hujan. Ada juga yang menggunakan jenis silikon untuk membuat pantulan bola basket lebih sempurna. Untuk menutupi satu lapangan basket dengan keseluruhan luas (30m x 16,2m) maka diperlukan 18 roll karpet berukuran (15m x 1,8) dengan ketebalan sekitar 5mm.

  1. Karpet Sepak Takraw

Hampir sama dengan voli, lantai sepak takraw juga harus mampu meredam kejutan terutama ketika pemain terjatuh. Jenis karpet yang biasa digunakan yakni karpet vinyl dengan ketebalan sekitar 4,5mm. Jadi dengan ukuran lapangan sekitar (15m x 7,2m) maka diperlukan sebanyak 4 roll karpet dengan ukuran (15m x 1,8m). Warna kapet untuk olahraga sepak takraw biasanya identik dengan warna merah.

  1. Karpet Gym

Lantai untuk pusat kebugaran atau gym biasanya menggunakan jenis karpet karet atau rubber gym yang tidak mudah slip atau anti licin. Bayangkan saja jika harus mengangkat beban yang berat di atas lantai yang licin, tentu bisa berbahaya. Selain itu karpet juga harus empuk agar mampu memberikan kenyamanan pada pengunjung. Anda bisa memilih berbagai varian ketebalan mulai dari 4mm hingga 10mm.

Kunjungi Juga : Sahabat Olahraga , Pabrik MatrasMatras Olahraga , Matras Senam

Leave a Reply

Matras Olahraga
Send via WhatsApp