Jenis Ukuran Matras Senam

Jenis Ukuran Matras Senam

Senam sering digunakan untuk rekreasi, relaksasi atau menenangkan pikiran. Umumnya ada yang melakukannya di rumah, di tempat gym, di gymnasium bahkan di sekolah. Kini, sedari dini banyak anak sudah terbiasa diajarkan senam, baik oleh orang tuanya, maupun oleh guru olahraga di sekolah.

Senam sangatlah penting untuk membentuk kelenturan tubuh, yang menjadi arti penting bagi kelangsungan hidup manusia. Senam memiliki berbagai macam. Biasanya di sekolah dasar, guru-guru mengajarkan senam yang mudah dicerna oleh murid, seperti senam SKJ dan senam pramuka.

Akan tetapi, ketika beranjak remaja, banyak orang yang lebih suka melakukan senam aerobik, ataupun senam lain termasuk meditasi untuk menenangkan diri. Senam memiliki banyak manfaat bagi manusia, baik kesehatan jasmani maupun kesehatan rohani.

Peralatan Senam untuk Putra dan Putri

Menurut FIG (Federation Internationale de Gymnastique) atau Federasi Senam Internasional, senam artistik diartikan senam yang menggabungkan aspek tumbling dan akrobatik. Nah, untuk mendapatkan kesan artistik dari gerakan-gerakan yang dilakukan pada alat-alat sebagai berikut:

Artistik putra:

  1. Lantai (Floor Exercises)
  2. Kuda Pelana (Pommel Horse)
  3. Gelang-gelang (Rings)
  4. Kuda Lompat (Vaulting Horse)
  5. Palang Sejajar (Parallel Bars)
  6. Palang Tunggal (Horizontal Bar)

Artistik Putri:

  1. Kuda Lompat (Vaulting Horse)
  2. Palang Bertingkat (Uneven Bars)
  3. Balok Keseimbangan (Balance Beam)
  4. Lantai (Floor Exercises)

Ukuran Matras Senam

Khusus ukuran  matras pada senam lantai, umumnya yang sering dipakai adalah uang memiliki lebar 1,20 meter, panjang 2 meter. Namun tidak ada peraturan pasti mengenai ukuran matras pada senam lantai. Anda bisa menggunakan seperti ukuran di atas ataupun membuat ukuran yang lain misalnya 1,20 meter kali 2 meter atau 3 meter agar bisa digunakan berguling dua atau tiga kali sekaligus.

Ketebalan matras yang sering dipakai umumnya antara 10 – 15 cm. Apabila matras terlalu tebal maka akan menghambat laju guling depan ataupun guling belakang. Sebaliknya bila matras terlalu tipis, akan  menyebabkan rasa sakit jika dipakai untuk berguling.

Ukuran matras senam lantai pada umumnya sebagai berikut:

Lebar matras 1,20 meter

Panjang matras 2 meter

Tebal matras 10 – 15 cm

Fungsi Matras Senam

Matras untuk senam ini digunakan sebagai alas agar tubuh tidak bersentuhan langsung dengan lantai. Karena tentu tubuh yang bersentuhan langsung dengan lantai ketika melakukan latihan senam lantai, akan memicu resiko cedera, memar dan sakit pada tubuh.

Padahal jika dipikir-pikir kita mengikuti olahraga agar memiliki tubuh yang sehat, bukannya cedera ketika olahraga. Nah, oleh karena itu, untuk senam lantai Anda perlu menggunakan matras untuk senam lantai.

Selain itu, matras pun memiliki fungsi untuk mengamankan wilayah latihan. Oleh sebab itu, dalam pelatihan senam lantai, dibutuhkan matras yang sengaja dilebihkan dari matras yang digunakan untuk latihan.

Jenis-Jenis Senam

Dilansir dari situs FIG (Federation Internationale de Gymnastique), senam dibagi menjadi beberapa kelompok. Adapun jenis-jenis senam adalah sebagai berikut:

  1. Senam Artistik

Senam artistik merupakan salah satu senam yang paling populer di olimpiade olahraga. Baik itu Sea games, Asian games atau Olimpiade kelas dunia. Mulanya, senam in hanya dilakukan untuk membuat badan tumbuh dengan baik dan agar tubuh menjadi lebih sehat.

Senam artistik ialah senam yang memadukan aspek tumbling dan akrobatik dari gerakan-gerakan yang dilakukan dengan bantuan alat. Terdapat beberapa peralatan yang digunakan dalam senam artistik seperti yang sudah dijalaskan sebelumnya di atas.

  1. Senam Akrobatik

Senam akrobatik merupakan senam yang mengandalkan gerakan dinamis antara akrobatik dan tumbling, sehingga akan banyak menggunakan gerakan salto dan gerakan memutar, dan atlet harus mendarat di beberapa tempat relatif sulit.

Senam akrobatik merupakan senam dengan penampilan luar biasa. Yaitu melibatkan kesimbangan, ketangkasan, dan koordinasi motorik. Senam akrobatik selain ditemukan di olahraga. ternyata ditemukan pula di seni pertunjukan dan seni bela diri seperti wushu dan silat. Dalam senam akrobatik, atlet senam melakukan tiga rutinitas yaitu:

  1. Rutin Keseimbangan, yaitu berfokus pada kekuatan, ketenangan dan fleksibilitas.
  2. Rutin dinamis, merupakan gerakan melempar, jungkir balik dan menangkap.
  3. Rutin Gabungan adalah unsur keseimbangan dan dinamis yang saling berpadu.

Kunjungi Juga : Sahabat OlahragaPabrik Matras, Matras Olahraga, Matras Senam

Baca Juga : SANGAT PENTING MENGETAHUI TENTANG MATRAS BELADIRI KARATE 

Matras Taekwondo

PENTING!!! Karakter Matras Olahraga yang Baik serta Aman

Olahraga Senam

Jual Matras Senam

 

Leave a Reply

Matras Olahraga
Send via WhatsApp