Jenis-Jenis Bahan Matras Olahraga yang Perlu Anda Ketahui

MATRAS OLAHRAGA

matras olahraga yang terdapat dipasaran ada 3 yaitu TPE, PVC dan rubber. Ketiga bahan matras tersebut tentu memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai bahan matras ada baiknya terlebih dulu kita ketahui jenis matras olahraga yang diual dipasaran. Sebab dengan mengetahui jenis matras, maka akan memudahkan Anda untuk memilih matras yang sesuai kebutuhan.

matras olahraga

Jenis Bahan Matras yang Sering Digunakan

  1. Matras Bahan Natural

Bahan matras yang termasuk jenis natural adalah matras dengan bahan alami seperti lateks alam yang memilki persentasi bahan 50-80%. Ciri dari matras natural sangat mudah dikenali. Umumnya, matras dengan jenis natural ini memiliki warna yang cenderung pucat dan berlobang-lobang besar dengan tingkat elastisitas dan kerekatan matras pada lantai yang sangat kuat.

Selain itu, matras berbahan natural ini telah banyak dijual di toko-toko perlengkapan olahraga dengan harga yang relatif murah.

  1. Matras Bahan Synthetic

Matras jenis synthetic ini memiliki ciri yaitu permukaan yang lembut serta pori-pori matras yang kecil. Matras synthetic memiliki bahan lateks alam yang lebih sedikit jika dibandingan dengan matras natural. Matras synthetic bisa di temukan di toko-toko yang menjual perlengkapan olahraga dengan harga yang lebih terjangkau dibanding harga matras jenis lainnya.

  1. Bio latex

Bagi Anda yang hendak berbelanja matras, namun mengutamakan kenyamanan dalam melakukan olahraga senam, Anda bisa memilih matras dengan bahan bio latex. Matras jenis ini menggunakan bahan lateks alam yang lebih banyak dibanding dengan jenis matras lainnya.

Anda yang masih pemula dalam olahraga senam ataupun yoga pun bisa memilih matras dengan bahan bio latex ini. Sebab matras jenis ini dapat merekat pada lantai dengan sangat bai. Harga per lembar matras jenis ini memang relatif lebih mahal dibanding dengan dua jenis matras di atas.

Jenis-jenis matras tersebut bisa anda dapatkan di toko terdekat, sebab matras-matras di atas sudah nanyak dijual di pasaran. Matras memang menjadi alas yang wajib dimiliki bagi setiap atlet, pesenam ataupun praktisi yoga. Dengan menggunakan matras olahraga, akan membantu dan membuat Anda nyaman saat melakukan gerakan olahraga.

Pada beberapa latihan senam dan yoga, penggunaan matras dengan jenis-jenis di atas sangat membantu. Bahkan dapat melindungi Anda dari segala jenis cedera. Lagi pula terdapat berbagai ukuran matras yang dapat disesuaikan dengan ukuran ruangan yang Anda gunakan untuk melakukan kegiatan olahraga.

Baik untuk pemakaian individu, tempat fitnes atau tempat olahraga maupun untuk kegiatan belajar  mengajar di sekolah, matras senam dapat membantu memudahkan setiap gerakan senam.

Matras untuk senam lantai memiliki ketebalan yang berbeda dengan matras yang digunakan untuk yoga. Matras senam lantai memiliki ketebalan antara 10-15 cm, matras ini sangat kontras dengan matras yoga yang hanya memiliki ketebalan 6-8cm. Matras yoga dan matras olahraga enam lantai memang memiliki tebal yang berbeda sesuai dengan fungsi masing-masing matras tersebut.

Bahan Matras Olahraga Senam Lantai

Bahan matras untuk senam lantai biasanya adalah busa karet atau spons. Kamu bisa membuatnya sendiri dengan membuat ukuran 1,20 meter x 2 meter atau 1,20 x 3 meter. Busa karet/ spons bisa dibungkus dengan kain, perleak, atau kulit. Tujuannya busa karet/ spons di bungkus adalah supaya tidak cepat kotor.

Bahan Matras Yoga

Matras olahraga kadang-kadang masih digunakan untuk yoga meskipun sesungguhnya tidak sesuai. Matras olahraga umumnya lebih tebal dibandingkan matras yoga. Selain itu,matrs olahraga memiliki kecenderungan mudah tergelincir atau bergeser di lantai lai dengan matras yoga.

Sebelum Anda putuskan untuk membeli, pikirkanlah bagaimana bahan tersebut dapat mempengaruhi fungsi matras dan sesuaikah hal tersebut dengan kebutuhan Anda? Berikut ini merupakan sifat dan karakteristik dari beberapa bahan matras yoga:

  1. PVC

Kelebihan: Merupakan bahan paling lengket dengan lantai sehingga mengurangi risiko tergelincir.

Kekurangan: Tidak ramah lingkungan dan tidak mudah menyerap keringat.

  1. Karet

Kelebihan: Cukup fleksibel serta cukup lengket di lantai.

Kekurangan

Berpotensi menyebabkan alergi bagi pengguna yang memiliki hyper-sensitif terhadap lateks serta kurang menyerap keringat.

  1. Rami

Kelebihan: Ramah lingkungan dan menyerap keringat.

Kekurangan

Mampu menciptakan resistensi ketika mengubah posisi dan memiliki tekstur yang kasar dan kurang nyaman.

  1. Katun

Kelebihan: Ramah lingkungan dan menyerap keringat.

Kekurangan

Membuat perputaran atau mengubah posisi agak sulit sebab gesekan dengan serat katun.

Perbedaan utama antara jenis matras yoga tidak lepas pada tingkat penyerapan keringat (cairan), tingkat lekatan pada lantai, dan sifat ramah lingkungan. Matras yoga tersedia dalam beberapa tekstur yang menentukan berapa banyak traksi yang diberikan matras yang berguna untuk pose berdiri, akan tetapi mungkin memberi ketidaknyamanan ketika melakukan pose duduk atau berbaring.

Matras rami memiliki tekstur yang cenderung kasar, sedangkan matras bahan PVC dan karet memiliki berbagai tingkat kekasaran masing-masing.

 

Bahan Matras Olahraga Beladiri

Ternyata, tak semua cabang beladiri memiliki kesamaan dalam pemakaian matras. Terdapat spesifikasi tersendiri yang melatarbelakangi perbedaan tersebut. Di antaranya intensitas benturan, kemudian seperti apa gerakannya, kelincahan selama praktek beladiri tersebut. Bahkan terdpat suatu kriteria khusus, seperti bahan matras hingga warnanya juga!

  1. Matras Bahan Eva foam matt

Biasanya, matras ini digunakan untuk olah raga pencak silat, taekwondo, karate, kempo, tarung derajat dan sebagainya. Bahan eva foam matt ini memiliki kualitas density busa yang berstandar pendinginan. Matras ini memiliki ukuran 1 x 1 meter dengan ketebalan yang bervariasi mulai dari 2 cm hingga 4 cm.

Matras jenis ini memiliki banyak pilihan warna. Bahkan ada yang memiliki bentuk puzzle yang unik dan memberi kesan colorful dan ceria meski dalam sesi latihan yang menegangkan sekalipun. Terutama untuk anak-anak yang sedang mengikuti latihan beladiri, matras warna-warni bentuk puzzle ini akan menarik perhatian mereka untuk giat berlatih.

  1. Matras bahan busa rebounded berlapis eva foam matt

Matras ini umumnya dipakai dalam olahraga gulat dan judo. Lain dari matras sebelumnya, matras khusus judo dan gulat ini memiliki jenis busa yang lebih tebal, yaitu 5-6 cm. Karena di dalam kedua cabang bela diri ini memiliki intensitas benturan yang lebih sering. Ukurannya pun berbeda dengan matras sebelumnya.

Matras ini beruukuran 2 x 1 meter. Selain itu, matras ini biasnya hanya tersedia dalam satu warna, yaitu merah. Matras ini pun tersedia juga untuk olah raga senam dan yoga.

Leave a Reply

Matras Olahraga
Send via WhatsApp